10 Caleg DPR RI Jateng X Berebut Kursi di Dapil "Neraka"

Ilustrasi (Ist)
Ilustrasi (Ist)

JAKARTA, HINews - Etos Indonesia Institute melakukan rikis terkait hasil survei tingkat popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas dari 10 Calon Anggota Legislatif DPR RI Daerah Pemilihan Jateng X dalam Pemilu Legislatif 2024.

Survei dilakukan sejak tanggal 20-30 Desember 2023 dengan mengambil sampel 1.000 responden dari Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Batang.

Baca Juga: Pilkada Kota Bekasi, Etos Indonesia Nilai Ian Rasyad Sosok Yang Paling Diterima Oleh Masyarakat

Survei dengan margin error kurang lebih 3 persen dan tingkat kepercayaan publik sebesar 90% mengambil pendapat responden tentang tingkat popularitas (keterkenalan), tingkat akseptabilitas (keterterimaan) dan tingkat elektabilitas (keterpilihan).

Dari pengambilan sampel pendapat responden, nama 10 caleg DPR RI dengan tingkat popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas tertinggi masih tetap mendominasi. Caleg-caleg tersebut adalah H. Bisri Romly (PKB), Hanif Dakhiri (PKB), Ramson Siagian (Gerindra), Eko Wibowo (Gerindra), Hendrawan Supratikno (PDIP), Dede Indra Permana (PDIP), Doni Akbar (Golkar), Ashraf Abu (Golkar), Anjar Budiani (Golkar) dan Suyono (PPP).

Dari sepuluh nama tersebut, Partai Golkar menempatkan tiga Caleg DPR-RI nya yaitu Doni Akbar, Anjar Budiani dan Ashraf Abu. Ketiganya bersaing ketat dalam tingkat popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas. Di tingkat elektabilitas, Doni Akbar unggul di angka 93%, disusul Anjar Budiani di 85% dan Ashraf Abu 79%.

Baca Juga: Etos Indonesia Sebut Mundurnya Maruarar Sirait dari PDI-P Tak Akan Pengaruhi Elektabilitas Partai

Sedangkan PDIP menempatkan dua calegnya yaitu Dede Indra Permana 89% dan Hendrawan Supratikno 88%. Demikian pula dengan PKB yang menempatkan H. Bisri Romly 91% dan Hanif Dakhiri 87%. Gerindra menempatkan Ramson Siagian 89% dan Eko Wibowo 76%. Sedangkan PPP hanya menempatkan satu calegnya yaitu Suyono dengan tingkat elektabilitas 73%.

Jika kuota tujuh kursi yang tersedia maka berdasarkan tingkat elektabilitas ditemukan hasil sebagai berikut:
1. Doni Akbar (Golkar) 93%
2. H. Bisri Romly (PKB) 91%
3. Dede Indra Permana (PDIP) 89%
4. Ramson Siagian (Gerindra) 89%
5. Hendrawan Supratikno (PDIP) 88%
6. Hanif Dakhiri (PKB) 87%
7. Anjar Budiani (Golkar) 85%

Baca Juga: Sejak 2014 Prabowo Selalu Unggul Survei Tapi Tak Pernah Menang Pilpres

Menurut Direktur Eksekutif Etos Indonesia Institute Iskandarsyah, survei itu masih sangat mungkin mengalami perubahan-perubahan signifikan mengingat Dapil Jateng X dapat disebut juga sebagai 'dapil neraka', dimana banyak tokoh dan figur yang dikenal masyarakat di dapil mencalonkan diri di dapil tersebut.

"Sangat mungkin berubah, baik komposisi persentasi maupun munculnya nama lain diluar sepuluh nama itu. Apalagi dari sepuluh nama, persentasi antar calon sangat tipis perbedaannya. Awal Januari akhir kami akan mengujinya kembali dengan survey terbaru", ujar Iskandar.

Editor : Redaksi