Dalam Kurun Waktu Satu Pekan KPK Klaim Segera Tangkap Harun Masiku

Harun Masiku, Politisi PDIP yang juga buron KPK.
Harun Masiku, Politisi PDIP yang juga buron KPK.

JAKARTA, HINews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan bahwa dalam satu pekan mendatang pihaknya akan segera menangkap Harun Masiku.

Lembaga antirasuah itu mengklaim sudah mengetahui posisi Harum Masiku yang juga orang dekat Sekjen PDIP itu dan akan menangkapnya dalam kurun waktu 1 minggu.

Baca Juga: Ponsel Milik Hasto Disita KPK, Kuasa Hukum Berang

KPK juga menepis adanya anggapan kelanjutan proses hukum Harun Masiku berkaitan dengan konstelasi politik.

"Sebenarnya nggak ada hubungannya ya karena kalau dari pimpinan sendiri nggak sampai ke sana. Nggak ada yang menghubungi satu pun pimpinan di antara empat," kata Ketua KPK Alexander Marwata, seusai rapat bersama Komisi III DPR di gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024).

"Dan saya sudah tanya apakah ada perintah dari siapa pun pihak di luar? 'Nggak ada, Pak Alex'. Ini normatif saja," imbuhnya.

Alexander mengatakan saat ini pihaknya terus memeriksa saksi-saksi. Dia berharap penangkapan Harun Masiku dapat dilakukan dalam seminggu ke depan.

"Kebetulan, mungkin kalau yang bersangkutan posisinya sedang tidak ketahuan, ada informasi, misalnya, sudah terkecoh di Jakarta, kan gitu kan, sehingga ya itulah kemudian, apa, muncul kan pemeriksaan saksi-saksi lagi. Mudah-mudahan saja dalam satu minggu ketangkap. Mudah-mudahan," katanya.

"Saya pikir sudah (ada indikasi diketahui lokasi Harun Masiku), (oleh) penyidik," lanjut dia.

Baca Juga: Besok Sekjen PDIP Dipanggil KPK, Akankah Langsung Jadi Tersangka

Sementara itu, Ketua KPK sementara Nawawi Pomolango buka suara soal penyitaan HP milik Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat diperiksa di KPK yang tengah ramai juga diperbincangkan publik. Nawawi menilai langkah penyidik itu bagian dari perintah pimpinan.

"Kami pimpinan itu yang pertama menginstruksikan terus bahwa cari HM. Lanjut langkah-langkah yang dilakukan teman-teman penyidik mungkin bagian daripada perintah pimpinan," kata Nawawi seusai rapat bersama Komisi III DPR di gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024).

Melansir detik.com, Nawawi menegaskan upaya pencarian terhadap buron Harun Masiku terus dilakukan. Dia mengatakan tengah meminta penjelasan kepada Deputi Penindakan KPK.

"Bahwa memang upaya terus pencarian HM itu terus harus dilakukan. Kemarin saya sendiri ada giat di Surabaya sehingga baru tadi pagi saya minta Pak Deputi Penindakan untuk memberi penjelasan kepada kami apa yang berlangsung yang seperti diberitakan kemarin," katanya.

Baca Juga: Sekjen PDIP Ungkap Ada Intimidasi Pihak Aparat Terhadap Kades Agar Pilih Capres Tertentu

Soal langkah tim hukum Hasto yang akan melaporkan penyidik KPK ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK, Nawawi mempersilakan.

"Silakan ada ruang-ruangnya. Ada dewas. Ada forum praper," ujar dia.

 

Editor : Redaksi