Jarnas 98 Imbau Seluruh Komponen Bangsa Jalankan Demokrasi Tanpa Fitnah

Foto: Ist
Foto: Ist

JAKARTA, HiNews - Organisasi relawan pendukung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yakni Jarnas 98 mengimbau seluruh komponen bangsa, untuk menjalankan demokrasi tanpa fitnah jelang Pemilu 2024.

"Sebagai Aktivis 98 yang menghadirkan demokrasi dalam sistem politik Indonesia, menginginkan pesta pemilu 2024 ini menghasilkan demokrasi sehat, demokrasi tanpa politik fitnah," kata Ketua Jarnas 98 Sangap Surbakti dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (20/11/2023).

Baca Juga: Prabowo Minta TKN Tidak Berbuat Curang

Hal itu disampaikan Sangap usai menggelar diskusi aktivis 98, sekaligus peresmian sekretariat Jarnas 98. Kegiatan itu turut dihadiri Wakil Menteri Tenaga Kerja Afriansyah Noor, sekaligus mantan aktivis 98. Dalam diskusi itu, dihadiri pembicara dari aktivis-aktivis 98 yakni Hasan Nasbi seorang peneliti sosial, Mixil Mina Munir Aktivis Forkot pendukung Ganjar Pranowo, Agung Nugroho pendukung Anies Baswedan.

Lanjut Sangap, pihaknya mencoba melakukan kesepahaman di antara organisasi-organisasi pendukung calon presiden lainnya. Alasannya, karena Jarnas 98 merupakan organisasi yang berisikan aktivis-aktivis 98 yang melahirkan reformasi 98.

"Aktivis 98, banyak jadi motor penggerak tim pemenangan capres lain," kata Sangap yang juga anggota TKN Prabowo-Gibran.

Baca Juga: Jika Dua Putaran Diprediksi Kalah, Paslon 02 Narasikan Pilpres Satu Putaran

Sangap kembali mengingatkan, bahwa kelahiran reformasi 98 adalah untuk membangun peradaban bangsa yang humanis dan berbudaya egaliter dalam politik Indonesia.

"Politik fitnah merupakan sumber perpecahan dan disintegrasi bangsa. Siapapun yang menang dan kalah, jika melakukan politik fitnah, pasti memberikan bekas psikologis dan trauma sosial dalam kehidupan masyarakat," katanya menegaskan.

Dilansir dari Antara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Selasa, 14 November 2023, menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Baca Juga: Sejumlah ASN Nyatakan Dukungan Terhadap Paslon 02, Bawaslu Didesak Tegakkan Netralitas Pemilu

Peserta Pilpres 2024 terdiri atas pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Editor : Redaksi

Opini   

Anies Bukan Budak Jokowi

Oleh: Yusuf Blegur Sejatinya, publik bukan saja menganggap anak-anak Jokowi yang terlibat dalam politik sebagai anak haram konstitusi. Lebih dari…