Akar Rumput PPP Dukung Pasangan AMIN, Koalisi Partai Pendukung Ganjar-Mahfud Pecah?

bacapres Anies Baswedan yang dipasang oleh kader PPP (Foto: Ist)
bacapres Anies Baswedan yang dipasang oleh kader PPP (Foto: Ist)

JAKARTA, HINews - Baru-baru ini muncul spanduk dukungan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Sleman kepada pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (AMIN) terpasang di Jalan Wates Km 8, Kapanewon Gamping, Kabupaten Sleman. 

Munculnya spanduk tersebut menimbulkan spekulasi bahwa dukungan PPP terhadap pasangan Capres/Cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD dinilai tidak solid.

Baca Juga: Romahurmuziy Menduga Ada Keterlibatan Aparat Dalam Operasi Pemenangan PSI

Bahkan, Bakal Calon Presiden (Bacapres) dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan mengaku tidak heran dengan adanya fenomena dukungan akar rumput PPP terhadap pasangan AMIN tersebut.

Sementara itu, Kepala Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Nasional PPP, Sandiaga Uno mengakui banyak rumput partai berlambang Ka'bah itu yang mendukung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) pada Pilpres 2024.

Kendati demikian, mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu memandangnya bahwa adanya dukungan akar rumput PPP terhadap AMIN itu dinilai tidak berdampak negatif buat proses pemenangan Ganjar-Mahfud.

"Pasti, pasti ada (akar rumput PPP dukung AMIN). Di semua partai juga seperti itu dan itu fenomena yang telah menjadi realita. Justru itu PR bagi kita untuk meyakinkan saudara-saudara kita di seluruh wilayah Indonesia melihat apa yang PPP perjuangkan," kata Sandi kepada awak media di Sleman, DIY, Ahad (12/11/2023).

Menurut dia, fenomena akar rumput dukung pasangan calon dari koalisi seberang adalah sebuah hal yang wajar. Pengalaman maju Pilpres 2019 lalu sebagai cawapres Prabowo Subianto, menurutnya, juga telah membuktikan bahwa 45 persen suara saat itu datang dari berbagai parpol.

"Saya di 2019 juga sebagai seorang calon banyak berkampanye di seluruh titik masyarakat, dipilih Prabowo-Sandi 45 persen pemilih, hampir setengah masyarakat kita dan itu dari beragam partai," klaimnya.

Mantan politisi Gerindra itu justru melihat fenomena ini sebagai sebuah peluang menggaet pemilih lebih banyak lagi, khususnya dari luar kalangan kader, simpatisan, atau akar rumput koalisi parpol pendukung Ganjar-Mahfud.

Oleh karenanya, lanjut Sandi, PPP akan terus menggaungkan program 'ekonomi hijau' yang menawarkan harga kebutuhan pokok murah, lapangan kerja luas, dan membawa hidup dalam keberkahan.

Baca Juga: Puluhan Ribu Pendukung AMIN Banjiri Lapangan Garuda Desa Palengaan Laok Madura

"Karena Partai Persatuan Pembangunan itu kuncinya adalah persatuan ukhuwah, jadi kita menyampaikan saudara-saudara kita untuk lebih memahami apa yang kita perjuangkan dan pada saatnya akan memilih PPP dan tentunya kita berharap kita berkontribusi kepada pemenangan Pak Ganjar," ucapnya.

Sebelumnya, bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan mengklaim ia dan pasangannya, cawapres Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mendapat banyak dukungan dari akar rumput PPP untuk Pilpres 2024.

Pernyataan Anies itu menyikapi kemunculan spanduk berukuran besar yang terpasang di Jalan Wates Km 8, Balecatur, Gamping, Sleman, DIY.

Spanduk tersebut bertuliskan 'Hanya Orang Orang Beriman yang Memilih Pemimpin yang Berakhlakul Karimah - PPP Jalan Wates 100% Dukung Amin'. Spanduk itu juga memuat foto Anies Baswedan.

"Bukan sesuatu yang aneh kalau di Gamping ada ekspresi (spanduk) itu, karena kalau tidak ekspresi itu muncul di poster terbuka, muncul juga di WA, muncul juga di sosial media," kata Anies ditemui di Grand Serela Yogyakarta, Sleman, DIY, Jumat (10/11).

Baca Juga: Elektabilitas Prabowo-Gibran di DKI Disalip Paslon AMIN

Anies berkata demikian lantaran ia mengaku selama ini dirinya memiliki kedekatan bahkan berjuang bersama banyak simpatisan PPP di level akar rumput.

"Ya memang banyak (dukungan), sudah lama ya sebetulnya dengan teman-teman grass root PPP kita berinteraksi dekat, berjuang bersama," ujar Anies. (*)

 

 

 

Editor : Redaksi