Gubernur Jabar: Kemenag Akan Ambil Alih Santri Ponpes Al-Zaytun

avatar Harian Indonesia News
<p><strong>Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil</strong></p>
<p><strong>Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil</strong></p>

JAKARTA, HINews - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut ribuan santri dan pelajar Pondok Pesantren Al-Zaytun Indramayu akan diambil alih Kementerian Agama.

 

"Ribuan santrinya akan diambil alih oleh Kementerian Agama," kata Ridwan Kamil di Yogyakarta mengutip Antara, Rabu (5/7).

 

Orang yang akrab disapa Emil itu mengatakan ribuan santri akan diberi pembinaan oleh Kementerian Agama.

 

Para santri, lanjutnya, dibina oleh Kementerian Agama sesuai dengan pendidikan yang berlaku dan disepakati bersama. Baik pengetahuan umum maupun keagamaan.

 

"Dalam keislaman kita sudah sepakat bahwa kita ini ahlussunah wal jama'ah, jadi tidak boleh ada fatwa-fatwa, fikih-fikih yang bertentangan dengan yang sudah menjadi kesepakatan kita," kata dia.

 

Emil lalu meminta masyarakat bersabar dan menyerahkan sepenuhnya penanganan kasus Pondok Pesantren Al-Zaytun kepada pihak-pihak terkait.

 

Pembinaan santri akan dilakukan Kementerian Agama, sementara kasus pidana ditangani Bareskrim Mabes Polri. Pimpinan Al-Zaytun Panji Gumilang juga telah diperiksa.

 

"Sesuai harapan masyarakat sudah ditindaklanjuti. Jadi pimpinannya, Panji Gumilang sudah ditindaklanjuti kasusnya oleh Bareskrim Polri," kata dia.

 

Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga mengatakan Pondok Pesantren Al-Zaytun belum tentu dibubarkan meski ada kontroversi dalam pola pembelajaran yang diterapkan selama ini.

 

"Jadi mungkin beberapa alternatifnya itu tidak dibubarkan, tapi dibangun, dibina dengan baik," ucap Ma'ruf di Jakarta, Rabu (5/7).

 

Sementara itu, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) telah membekukan ratusan rekening terkait dengan pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun, Panji Gumilang.

 

Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan Panji Gumilang memiliki 256 rekening bank. Ia menyebut Panji Gumilang memiliki enam identitas.

 

"256 rekening atas nama Abu Toto Panji Gumilang, Abdussalam Panji Gumilang. Nama dia itu enam, ada Abu Toto, Panji Gumilang, Abdussalam, pokoknya enam lah," kata Mahfud di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu. (Kr1)

Editor : KR1