Tim SAR Gabungan Temukan 16 Pendaki Yang Tersesat di Gunung Gede Pangrango

BOGOR, HINews - Tim SAR gabungan akhirnya menemukan 16 pendaki yang tersesat di Kawasan Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat. Tim SAR gabungan menemukan 16 survivor dalam kondisi selamat pada senin (29/1) sekitar pukul 09.55 WIB di Saung kebun milik warga Pasir Pogor, Desa Cibedug, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Sebelumnya tim SAR gabungan melakukan pencarian dengan Explore SAR pada senin (29/1) sekitar pukul 02.30 WIB dini hari tadi. Pencarian dilakukan dengan menyisir area pendakian di sepanjang jalan setapak dari Kulah Dua Ciawi menuju lokasi kejadian hingga akhirnya seluruh survivor berhasil ditemukan dalam kondisi selamat.

“Survivor akhirnya berhasil ditemukan pada siang ini pada ketinggian 1238 MDPL dengan kondisi 2 orang dalam kondisi terkilir kakinya dan 14 orang sisanya dalam keadaan aman.” tegas Kepala Seksi Operasi Basarnas Jakarta, Agung Priambodo.

Dirinya juga mengatakan bahwa sebelumnya informasi didapatkan 13 survivor yang tersesat, setelah ditemukan ternyata ada 16 orang survivor yang berhasil diselamatkan dan saat ini masih dalam penanganan dari Puskesmas Citapen di Kantor Resort Pengelolaan Taman Nasional Wilayah Tapos, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Sebelumnya sekitar enam belas orang mendaki Kawasan Gunung Gede Pangrango dengan tujuan untuk berziarah pada sabtu (27/1) sekitar pukul 16.00 WIB melalui jalur bukan pendakian dari Kulah Dua, Desa Cibedug, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Diketahui bahwa mereka menginformasikan kepada keluarganya bahwa mereka akan turun pada minggu (28/1) sore, namun karena pada saat itu cuaca hujan cukup lebat sehingga menyebabkan mereka tersesat dan keluargapun menginformasikan kepada petugas untuk meminta pertolongan.

Puluhan personil SAR gabungan dilibatkan dalam upaya pencarian diantaranya adalah Basarnas Jakarta, Babinsa Cibedug, Polsek Ciawi, Babinsa Ciawi, Polhut Wilayah 3 Bogor, Desa Cibedug, BPBD Kab.Bogor, Damkar Kab.Bogor, Tagana Kab.Bogor, Satpol PP Kab.Bogor, Puskesmas Citapen, Wanadri, RMB, Ranger Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, RAPI, RELASI, PSRC, Relawan Tentara Langit, Relawan Pasundan, dan masyarakat.

Berikut adalah data korban para survivor :
1. Bintang (46)
2. Dedi Saefullah (45)
3. Syarhroni (45)
4. Ian Mulyana (43)
5. Saripudin (45)
6. Asep (40)
7. Andi Rahman (21)
8. Helmi (45)
9. Farid (50)
10. Farhan (22)
11. Ateng Muhdi (56)
12. Akbar (12)
13. Yanuar (40) Kondisi Kaki Terkilir
14. Riza (12)
15. Dedi Supriadi (46) Kondisi kaki terkilir
16. Afrizal (50)**

 

Editor : Redaksi

Opini   

Kondisi Eropa Yang Berubah Sekularistik

Oleh : Wibisono Di berbagai penjuru Eropa , ada fenomena menarik yang terjadi di mana gereja-gereja yang tidak lagi digunakan untuk ibadah diubah…