Mantan Politisi PDI-P Ini Optimis Prabowo Dapat Kuasai Debat Capres

Budiman Sudjatmiko (kanan) Wakil Ketua Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran) (Foto: Istimewa)
Budiman Sudjatmiko (kanan) Wakil Ketua Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran) (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, HINews - Mantan politisi PDI Perjuangan Budiman Sudjatmiko mengaku optimistis calon presiden Prabowo Subianto mampu menguasai materi debat calon presiden ketiga yang akan digelar pada hari Minggu (7/1).

"Tanggal 7, Pak Prabowo, capres kami, akan berdebat dengan tema-tema geopolitik, politik luar negeri, pertahanan, keamanan, globalisasi. Boleh saya katakan, itu makanan, itu sarapan pagi, makanan siang, dan makanan malamnya Pak Prabowo," kata Budiman yang juga yang juga Wakil Ketua Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran) diKabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu (6/1/2024).

Baca Juga: TPN Sebut Ganjar Pranowo Siap Hadapi Debat Kedua

Sementara pada debat sebelumnya, kata dia, merupakan makanan sehari-hari calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka karena mengusung tema-tema yang berkaitan dengan APBN, APBD, investasi, dan ekonomi digital.

Artinya, lanjut dia, pihaknya sangat bersyukur karena sebagai bagian dari Dewan Pakar TKN tidak merasa kesulitan untuk memberikan masukan.

"Jadi, masukan yang kami berikan lebih pada mengangkat agenda-agenda yang urgen tentang tema-tema itu. Secara keseluruhan Pak Prabowo sangat menguasai," kata Ketua Dewan Pembina Relawan Prabowo Budiman Bersatu (Prabu) itu.

Selanjutnya pada debat cawapres kedua atau debat keempat, kata dia, akan membicarakan masalah kesejahteraan sosial, program-program sosial, dan masalah tentang desa.

Menurut dia, pasangan Prabowo-Gibran punya kekuatan dengan adanya program makan siang gratis bagi anak-anak sekolah dan ibu-ibu hamil termasuk program tentang desa.

Baca Juga: Debat Capres: Tampak Jumawa Tapi “Miskin” Logika

"Kebetulan insya Allah saya juga memahami tentang desa ini karena saya dulu dari tempat inilah saya berjuang untuk Undang-Undang Desa, tahun 2009, banyak pegiat-pegiat desa di sini. Insya Allah pada debat keempat nanti Mas Gibran dengan tema-tema kesejahteraan sosial, terus tentang desa, insya Allah bisa unggul, bisa tangguh," tegasnya.

Sementara dalam debat kelima, kata dia, tema-tema yang diusung salah satunya berkaitan dengan pendidikan, sumber daya manusia, serta ilmu pengetahuan dan teknologi.

Budiman mengaku jika secara kebetulan dia saat sekarang sedang menggeluti tema-tema tersebut, sehingga pihaknya bersama Tim Dewan Pakar TKN cukup memahami permasalahan itu.

Dengan demikian, dia mengharapkan pasangan Prabowo-Gibran tetap mengemuka melalui tema-tema debat tersebut.

Baca Juga: Debat Cawapres Mendatang, Gibran Diprediksi Bakal Kuasai Panggung

Ia mengakui jika orang sering mengatakan bahwa debat tidak terlalu banyak berpengaruh dalam mempengaruhi orang.

"Menurut kami, tidak, justru kami merasakan bahwa performa debat yang bagus akan mencegah orang untuk keluar dari kami dan akan membuat sebagian pemilih yang belum menentukan pilihannya, itu rata-rata orang kritis, bukan orang-orang bingung ya, orang-orang kritis itu akan melihat bagaimana performa di debat, dan tema-tema yang saya sebutkan tadi insya Allah kami sudah siap," katanya, sebagaimana diberitakan oleh Antara.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3. **

Editor : Redaksi