Pilpres Diprediksi Hanya Satu Putaran, Pasangan Prabowo-Gibran Juarai Pemilu 2024

Capres 2024 (Foto:Ist)
Capres 2024 (Foto:Ist)

JAKARTA, HINews - Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden yang akan digelar pada 2024 mendatang diprediksi akan berlangsung hanya satu putaran.

Hal tersebut sebagaimana yang dilansir dari laman Indo Barometer, pada Sabtu (11/11/2023) Dimana pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka diperkirakan akan memenangkan kontestasi Pilpres tersebut pada satu putaran dan memperoleh 43,5% suara.

Baca Juga: Prabowo Minta TKN Tidak Berbuat Curang

"Mencermati hasil survei kali ini tidak menutup kemungkinan Pilpres 2024 berlangsung dalam 1 putaran," tulis keterangan Indo Barometer.

Berikut perkiraan perolehan suara tiga pasangan capres/cawapres:

-Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming 43,5%,"
-Ganjar Pranowo-Mahfud Md 33,3%
-Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 23,2%

Baca Juga: Kenapa Pilpres Harus Satu Putaran?

Hasil ini diperoleh dengan mendistribusikan secara proporsional/normal suara yang belum memutuskan, rahasia atau tidak menjawab. 

Indo Barometer menyampaikan temuan mayoritas lembaga survei yang menyelenggarakan survei pasca deklarasi tiga pasangan capres dan cawapres menemukan pola yang sama, yakni tren penguatan suara pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka.

Khususnya jika dilihat dari tren waktu, yakni perbandingan survei akhir Oktober dan awal November 2023. Temuan dan pola ini memperkuat tesis potensi satu putaran dalam Pilpres 2024.

Baca Juga: Anies Baswedan Siap Hadiri Undangan KPK Sebagai Agenda Penguatan Anti Korupsi

Survei nasional dilakukan Indo Barometer pada 25-31 Oktober 2023. Survei dilaksanakan di 38 provinsi dengan jumlah sampel sebanyak 1.230 responden, dengan margin of error sebesar + 2,79% pada tingkat kepercayaan 95%.

Responden survei adalah warga negara Indonesia yang telah mempunyai hak pilih berdasarkan peraturan yang berlaku, yaitu minimal berusia 17 tahun atau lebih atau sudah menikah pada saat survei dilakukan. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah multistage random sampling. (*)

Editor : Redaksi