Rilis Etos Indonesia Institute, Publik Mengaku Puas Dengan Kinerja Polda Papua Barat

05 Desember 2022

JAKARTA, HiNews - Polisi Daerah (Polda) Papua Barat dinilai terbaik di antara jajaran Polda di wilayah Indonesia Timur. Hal tersebut berdasarkan hasil survei Etos Indonesia Institute yang dirilis pada Sabtu (3/12/2022).

Direktur eksekutif Etos Indonesia Institute Iskandarsyah mengatakan berdasarkan hasil surveinya yang dilakukan pada periode September awal hingga akhir September melibatkan 2000 responden dengan margin error 2,23 % dengan tingkat kepercayaan 95%.

Menurut dia ada 5 Polda Polda yang disurvei, yaitu Polda Sulawesi Selatan, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat. Hasil responden menunjukkan antusias tinggi terhadap kinerja Polda Papua Barat dengan persentase 37,8%, disusul Polda Sulawesi Selatan dengan persentase 24 ,7% dan ketiga Polda Papua 22.1%.

“Sengaja kita hanya buat 3 besar. Kalau tidak ada halangan polda-polda wilayah timur yang lain juga akan kita buatkan surveinya, seperti Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat yang belum kita masukkan,” kata Iskandar dalam keterangan tertulisnya, Senin (5/12/2022).

Iskandar mengungkapkan, kinerja-kinerja Divisi di setiap Polda dinilai sangat berpengaruh kepada tingkat kepuasan masyarakat atas kinerja Polri di wilayah hukumnya masing-masing.

Diakatakannya, peran Kapolda dan Wakapolda juga sangat mendorong kinerja para pimpinan di divisinya. Sementara, Polda Papua Barat Divisi Humas mendapat rating tertinggi, disusul divisi Propam, kemudian divisi Intel, lalu divisi Krimum, kemudian Krimsus, divisi Lantas, lalu terakhir Narkoba.

“Ini sangat berpengaruh kepada masyarakat di wilayah hukum masing-masing polda. Peran pimpinan disini terlihat jelas atas kinerja di setiap divisinya,” jelasnya.

Kapolda Papua Barat Irjen Pol Daniel Tahi Silitonga dan Wakapolda Brigjen Pol Petrus Patrige Rudolf Renwarin SH Msi yang juga putra daerah Papua Barat berhasil memimpin institusi Polri di wilayah hukum Polda Papua Barat.

“Ini perlu kita apresiasi, permasalahan pasti ada, tetapi semua bisa terselesaikan dengan baik dan benar,” kata Iskandar.

Dari hasil survei yang dilakukannya, kata Iskandar, setidaknya dapat memacu Polda lain terus berbuat untuk masyarakat guna mengangkat kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri yang hari ini hampir terpuruk pasca beberapa kasus tindak pidana yang menyeret sejumlah petinggi Polri.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada Polda Papua Barat dalam survei Etos Indonesia. Dan dalam waktu dekat kami juga akan rilis survei terhadap kinerja pimpinan-pimpinan di wilayah hukum Polda Sumatera Utara dari tingkat Kapolda, Kapolres hingga Kapolsek,” tutup Iskandar.

Berita Terkait

Etos Indonesia Minta Publik Tidak Beropini Soal Kasus Dugaan Perkosaan di Kemenkop

4 minggu yang lalu

JAKARTA, HiNews - Direktur Eksekutif Etos Indonesia Institute Iskandarsyah mengaku prihatin atas kasus dugaan persetubuhan yang melibatkan sejumlah karyawan Kementerian Koperasi dan UKM. Aktivis 98

Agar Tak Bergaya Hidup Hedonis, Audit Seluruh Harta Kekayaan Anggota Polri

4 bulan yang lalu

JAKARTA, HiNews - Direktur Eksekutif ETOS Indonesia Institute Iskandarsyah mendukung upaya Kapolri untuk bersih-bersih Institusinya. Hal tersebut menyusul penetapan tersangka mantan Kapolda Sumatra