Legislator Nilai Kapolri Penuhi Komitmen Pengembangan Karir Polwan

avatar Harian Indonesia News

JAKARTA, Hinews - Anggota Komisi III DPR RI Eva Yuliana menilai Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo telah memenuhi janji dan komitmennya dalam hal merealisasikan pengembangan karir polisi wanita (polwan).

"Ini sebetulnya adalah bagian dari komitmen Pak Kapolri ketika uji kepatutan dan uji kelayakan," kata dia melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Seperti diketahui, Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengumumkan sejumlah nama polwan yang dipromosikan pada jabatan strategis termasuk kenaikan pangkat.

Eva mengatakan saat uji kepatutan dan uji kekayaan, Kapolri mendorong polwan bersaing dengan polisi laki-laki. Saat itu, Jenderal Sigit mengatakan akan membuka ruang bagi polwan yang cakap, berintegritas serta kompeten di bidangnya.

Oleh karena itu, Eva mendukung langkah-langkah Kapolri dalam merealisasikan komitmen pengembangan karier polwan. Di samping itu, Kapolri dinilainya membuktikan dirinya memimpin Polri secara adil dan profesional.

Ia mengatakan selama ini polwan terkesan hanya sebagai "pelengkap" atau "pemanis". Namun, dengan banyaknya polwan yang kini dipercaya menduduki jabatan strategis di kepolisian, hal itu menandakan adanya gerakan perubahan yang dilakukan Jenderal Sigit.

"Saat ini kita melihat satu perubahan yang sangat membahagiakan. Pada periode awal Pak Sigit menjabat, kita melihat ada wakapolda dari polwan yakni Brigjen Ida Oetari," ujarnya, dikabarkan dari antara.

Tidak hanya peningkatan peran polwan, saat ini Polri juga sedang melakukan proses pembentukan satuan yang fokus dengan permasalahan hukum perempuan dan anak. Ke depannya, Mabes Polri akan memiliki Direktorat Tindak Pidana Kekerasan Perempuan dan Anak.

"Saya menyimpulkan Pak Sigit melakukan perubahan signifikan di tubuh Polri," kata dia.(qqdylm)

Baca Juga: IPW: Hentikan praktik penyalahgunaan wewenang dan arogansi kekuasaan oleh oknum Polri

Editor : A1H